Rabu, 09 Mei 2012

Don't Cry Donnat... Kita Semua Sayang Kamu, kok.....!!




Donnat, tadi siapa..? Deuuh yang lagi kasmaran, bahagia pisan atuh. Paling entar malem juga patah hati lagi, lihat aja nanti...!" Kata Cumi sambil cengar-cengir di depan pintu...
" Kali ini kayaknya gak mungkin deh, Dia banget Care ama gue...bukankah elu tau kalo Dia dijodohin ambunya, dia gak mau malah bernangis-nagis ria.." kata Bejo membela diri. 
" aah itu tangis buaya alias tangis kepalsuan..elu kenal dia dari jejaring sosial facebook-kan?"

"Loh kok elu tahu Cumi kalo Dede Nano-nano gue kenal dari OL di facebook?"

"Gue gitulooh, apa sih yang kagak gue tahu tentang dunia Maya. Kalo di dunia Maya gak ada yang asli, semuanya-nya palsu dan penuh rekayasa contoh gampangnya, ada yang gunain photo Profil pake kartun atau gambar-gambar abstrak gitu katanya sih biar dibilang seniman eeh malah kebablasan jadi deh 'PG' Play Group banget gitu. Dan identitas pribadinyapun terkadang gak nyata alias khayalan semua. Tapi itu sebagian hal yang masih dianggap umum namanya juga "Dumay" Dunia Maya toh...Tapi malah ada diprofilnya demi kepopuleran n' eksis di dunia maya biar statusnya rame banyak yang mengomentari N' bilang ngelike, dipasang gambar-gambar seleb atau photo orang lain yang gak jelas juntrungannya gitu, bahkan bikin Profit tandingan, orang satu bisa punya ratusan blog facebook.." kata Cumi menjelaskan dengan gamblang dan jelas.

"Tetapi setahu gue, temen-temen yang se-OL apalagi se-daerah gue yang bener-bener gue kenal original semua, asli gak ada manipulasi sesuai senyata diri kita apa adanya.."

"Yaa itu karena otak elu kaya Donnat, bolong tengahnya alias lugu tapi kena belenggu. Maksudnya ya jalan hidup elu itu lurus, lempeng gak ada belak beloknya gak pernah tau kalo di depan mata elu itu dipasang jebakan ranjau yang suatu saat kalo elu injak tanpa sengaja akan meledak, "DuAAArR" kaya tabung gas Pertamina yang selalu minta korban."

"Ranjau apaan sih Cumi..?" Tanya Bejo kurang paham apa yang dimaksud Cumi.

"Apa elu kagak tau apa pura-pura kagak tau lu, bukankah apa saja ada di dunia Maya, namanya aja udah jelas dunia khayal. Contohnya, banyak digunain untuk hal-hal yang bersifat 'Cyber Crime'(Kejahatan dunia Maya) mulai dari ngejebol rekening tabungan orang, Bisnis Movies mesum, esek-esek alias Prostitusi terselubung sampai perjudian tingkat tinggi semuanya lengkap tersaji. Jika kita gak bisa memback-up nya dan arif dalam bermain di dunia Maya, alih-alih malah kita sendiri yang di makannya alias jadi korban arus Globalisasi yang serba Global, termasuk korban 'negatif'  dari kemajuan teknologi itu sendiri. Gue juga tau nama OL Dede Nano-nano elu itu?"

"Kalo elu tau coba siapa..?" tanya Bejo seakan terlena dengan penjelasannya Cumi yang ia cerna cukup realistis dan argumentatif itu.


"Bukankah dia namanya, Saaa-Fiit-Riii yang bermakna, SAya FITuduh pamangerTRI atau bahasa prosanya, saya petunjuk bagi orang yang baru melek teknologi...".
" Sottooy lu ah masa nama orang di tafsir mending ada metode yang absah seperti mengkaji kitab kuning misalnya, www.Kagak@Ngaru. com, la yau-w.."

"Gue sahabat elu cuma bisa ngasih saran, bila menanggapi sesuatu di dunia Maya sewajarnya aja, jangan sampai tujuannya melenceng jauh, gak lebih kok. Di pake syukur gak di pake juga tuh saran gue gak napa-napa, yang penting sekarang elu sedikitnya tau tentang apa itu OL dan apa itu Dunia Maya.." kata Cumi memberi fatwa kali ini terlihat raut wajahnya serius banget. "Makasih Akkii, Cumi...". "Sialan lu...!!" Hahaha mereka ketawa bareng Ngakak abiz.

                                                          ########################


Malam itu malam minggu, suatu malam yang dianggap panjang waktunya bagi mereka yanng punya rutinitas sehari-hari. Tidak terkecuali Bejo. Baginya bukan malam biasa ataupun malam minggu bagi Bejo sama saja. Seperti malam itu ia tetap harus kerja membuat beberapa artikel bertajuk agama, untuk perspektif politik, ekonomi dan hukum serta beberapa cerpen dan Cerbung untuk diterbitkan di beberapa media gaul sebagai freelance-nya. Menyusun bahan untuk intervieuw besok lusapun belum kelar, pikir Bejo sambil sesekali terlihat sorot matanya memerah tanda lelah berat. Tetapi sebagai pekerja KULI yang cukup lama berkecimpung di dunia Media, rasa kantuk baginya sudah menjadi sahabat setianya sehari-hari dan hanya dengan niatan tulus semata-mata karena kepentingan Dakwah serta sembari mengharap ridha dariNya. Dengan usapan air suci wudlu telah memberkahi aktivitasnya untuk terus menulis dan menulis, Alhamdulillah.

"Asshadu'ala illaa hailallah wahdahullah syarikalahu, Allahumaz 'alni minathawabbina wadz 'alni minal mutathahirin wadz 'alni 'ibaadika shalihiiin..." doanya setelah ia basuh dengan air wudlu. Kembali Bejo memulai menulis lagi. tapi perasaan hatinya terasa tidak tenang dan dengan refleks juga ia hubungi Dede Nano-nanonya itu. Tapi berkali-kali bahkan berulang-ulang sampai puluhan kali, Dede Nano-nanonya dihubungi gak ada jawaban alias gak diangkat-angkat coy. Sampai suatu ketika sambungan teleponnya di jawab. "Hallooo, Assalamu'alaikum... Maaf A' silahkan baca statusku di FeBe, makasih..Wassalam....!!" lalu... Tut-tut-tut-tut-tulalit. maaf Nomor yang anda hubungi dalam keadaan mendengkuuur, silahkan anda hubungi kembali, terserah deh mo kapan aja yang penting gak ganggu gue lagi tidur n' mendengkuurr. zzzzzzzz. Hihihi pasti yang Ngerasa ketawa-ketiwi nih.

Kini tinggal Bejo bengong sendirian gak ada badai, gak ada Topan Dede Nano-nanonya setegas itu (kaya siapa ya, mas Agus Susanto tegas gak yah? pasti jawabnya ya Eyalah...dibelain ama Ehhemm ntu tuh....hihihi). Bejo buka pula Laptop produk jadul kesayangannya yang selama ini selalu setia menemaninya beraktivitas kemanapun Bejo berada. Dan mulai OL Ngeklik Facebook itu. Dan.. "Maafkan aku... harus menjauhimu... karena aku tak pantas untukmu.... kamu pasti mendapatkan yang terbaik dan lebih daripada diriku... aku ingin kau menjadi kakakku, yang bisa menjagaku seiap saat kumembutuhkanmu. Teruntuk A'a yang sering menyebut dirinya, KULI. Dari si Gadis Nano-nano. Gubbraakk!! suara degup jantung Bejo terdengar jatuh dan lemas. Ternyata benar praduganya selama ini. Benar kalo Dede Nano-nanonya itu menerima perjodohan orang tuanya.

"Gubbrakk-Kedebug !!, terima kasih Dede Nano-nanoku untuk kasih sayang dan kebahagiaan semunya. Dari dulu juga aku nyadar kalo Dede adalah adik manisku. Dari awal kusimpatik dengan namamu yang mirip dengan 2 nama 'teman dekatku' yang telah lama pergi meninggalkanku yakni, Rulispiani Shafitri dan Sylvia Shafitri keduanya teman dekatku waktu SMU dulu... kini Dede telah mengikuti jejaknya. Terima kasih untuk segala waktu yang telah kau beri dan kau habiskan denganku. Yaa Rabb, terima kasih untuk jawaban do'a-do'a malamku, sungguh Engkau Maha mendengar lagi Maha mengetahui... Kupinta padamu yaa Rabbi, jaga dan rawat Dede Nano-nanoku ini dan bimbing ia untuk senantiasa dijalanmu serta berikan jodoh yang terbaik pula untuknya, amiiin. Selamat tinggal Dede aku akan mengenangmu selalu dalam hidupku. Sekali lagi terima kasih Cinta Semuku...Akupun kan pergi tinggalkanmu..Selamat menikmati ketenangan malam-malammu, maafkan aku jika malam-malammu selalu terusik olehku. Korsel I'm Comming.....sambutlah aku dengan rentangan dan pelukan hangat... Anyonghi Chonyok irago jumuseyo, kae yo dong saeng Kei nano-nano Aggassinen.

Wassalam, sebuah catatan dari yang fakir

BEJO SASONGKO

Teruntuk yang punya cinta dan kasih sayang semu.

*************

"Elu kenapa Boss, kagak biasanya suntuk kaya gitu, mana Bejo Donnat yang kukenal dulu... Periang, ceria dan penuh perhatian itu, Hallooo..?" sapa Cumi di pagi hari buta sementara sambil menikmati secangkir teh Bejo hanya bisa menanggapinya dengan seulas senyum hambar.
"Udah shalat subuh lu, jangan bilang mo nitip shalat lagi yaa?" tanya Bejo dengan rona wajah dingin. Membuat Cumi makin penasaran aja di buatnya. 
"Elu lagi patah hati ya Jo...?" tanya Cumi penuh harap kalo-kalo partner kerjanya ini sadar dan mau cerita plus ceria seperti dulu. Sementara Bejo masih saja terlihat suntuk dan sesekali memainkan secangkir teh ditangannya, menandakan perasaannya yang sedang galau.

"Ya uddah gue paham kok ama perasaan elu yang lagi morat-marit Gobat-gabit. Yuup ya udah kalo elu gak mau berbagi duka ke gue, sekarang elu istirahat aja, biar tugas interviuw ama pak Mendiknas gue aja ya?" sahut Cumi merasa iba melihat temannya ini. 
" Tapi Bang..?". " Udahlah di jamin beres deh, biar gue yang handle semuanya, nih kunci mobil pake buat kemane kek yang elu mau biar gak suntuk terus n' biar hati elu juga gak terus-terusan larut dengan masalah elu itu, Refreshing-lah gitu...!". 
"Terus elu sendiri ...tugas kesana naik apa?" tanya Bejo resah. 
"Gue bisa menghubungi Car rental kok, udah pake aja gak apa-apa kok..Gue mo shalat subuh dulu n' makasih juga udah ngingetin gue... abis itu gue mo siap-siap, ohya gimana bahan interviuwnya udah elu susun?". 
"Udah tapi belon gue Printing , ya udah bawa aja laptopnya gak pa-pa!". 
"Ya udah tenangin hati elu ya, selamat nenangin diri aja, elu kuat kok!" kata Cumi lagi sambil menepuk bahu Bejo dan beranjak pergi meninggalkan Bejo untuk Shalat subuh yang sempat tertunda.

**************

Akhirnya ba'da dzuhur Cumi udah balik tugas intervieuw-nya, istirahat sejenak kemudian Bejo dan Cumi langsung cabut pulang. Di sepanjang perjalanan terlihat Bejo sibuk sendiri dengan laptop kesayangannya itu.sementara Cumi kagak biasanya diam seribu bahasa takut mengusik ketenangan hati sahabat kerjanya itu. Sepanjang jalan pun mereka tetap bungkam seribu di tambah seribu jadi, dua ribu bahasa..hehehe. Sampai mobil yang dikemudikan Cumi sudah jauh meninggalkan kota Jogyakarta...

*********

"Waah kita udah sampai di mana nih Cumi, kelihatannya udah mulai gelap?," tanya Bejo sambil menutup laptop seakan ia baru nyadar dari mimpi.
 "Alhamdulillah, akhirnya elu bisa ngomong juga, kirain elu udah bisu untuk selamanya...". "Sialan lu di tanya kok jawabnya ngelantur kaya gitu..way ini udah nyampe manna?" tanya Bejo Keky.
 "Tenang Bos kita udah keluar Tol Kanci alias udah masuk kota Cirebon malah ini udah nyampe Plumbon..". "Gilaa lu nyupir mobil apa, naik pesawat jet sih cepet banget...?" tanya Bejo kagum dengan bakat Cumi dalam mengendarai Mobil. "Guekan dulu pembalap Bos, berhubung gak ada modal buat ngembangin bakat jadi kepentok deh hanya jadi KULI plus driver kantor. tapi gue tetep bersyukur kok masih di beri rizky lewat pekerjaan ini. Alhamdulillah, bisa ngidupin dan nyekolahin anak, gue cukup merasa bersyukur .." kata Cumi sambil gak henti-hentinya mensyukukuri nikmat dari Tuhan. Membuat Bejo merasa aneh aja melihat perubahan drastis pada diri sahabatnya, Cumi. Gak usah aneh kayak gitu dong, ini semua karena elu juga Donnat gue bisa jadi berubah.." kata Cumi lagi seakan tau pertanyaan yang sedang berkecamuk di hati Bejo. Membuat Bejo sendiri merasa tambah keheranan. 
"Karena gue...loh kok bisa...Gimana ceritanya elu pandai bersyukur karrena gue?" kata Bejo masih digelayuti perasaan aneh. 
"Tadi gue udah banyak belajar dari isi laptop elu yang penuh dengan tulisan-tulisan berbau religi tentang hati.. gue minat banget tuh ama salah satu tulisan elu tentang tafsir bersyukur yang dallilnya berbunyi, "Lain sakartum La a jidanakum walain kafartum inna adzabila sadziida...(Barang siapa mensyukkuri nikmatku {kata Allah} akan kutambah nikmat itu, tapi barang siapa yang mengingkari nikmatku{kata Allah}sungguh adzabku teramat pedih.)  Gue merinding disco dan bergetar keras hati gue merasa gimana gitu setelah membaca dan memahami ayat tersebut apalagi dengan penjelasan tafsir elu yang perfect itu. Sekarang gue tau alasannya kenapa elu hidup lempeng dan benar-benar takut ninggalin shalat, ternyata shalat juga perwujudan mendasar banget-banget bagi seorang muslim sebagai refleksi rasa syukur kita kepada sang pencipta Allah SWT." Kata Cumi lagi sambil terharu. 
"Alhamdulillah, gue juga bangga ke elu ketika elu bilang hati elu tergugah dan tergetar hebat ketika mendengar ataupun membaca ayat-ayat Allah, soalnya jarang orang yang mengalami hal demikian itu. Elu beruntung Cumi, hanya orang-orang yang diberi hidayah dan berimanlah yang bergetar hatinya jika dibacakan ayat-ayat suci Al-Qur'an kepadanya. Alhamdulillah, telah kau bukakan pintu hati sahabatku ini ya Rabb, terima kasih untuk hidayah dan barakah dari firmanMu itu, semoga engkau meridhainya yaa Rabb..!?" do'a Bejo khusyu. "Amiin..." Sahut Cumi pula disambut lamat-lamat suara adzan maghrib berkumandang...

"Kita shalat di mana nih pak Ustadz?" tanya Cumi. 
"Jangan elu panggil gue ustadz dong! gue belum pantas di panggil ustadz, biasa aja elu kan biasa panggil gue Donnat, soalnya gue malu....?". "
Malu ama siapa pak Ustadz Donnat? hehehe, sory-sory just kidding-just for love.. domanini njut-njutan...!" kata Cumi berusaha menetralisir suasana. 
"Entar juga elu tau... Ohya ini daerah Palimanan kan, gimana kalo kita lurus aja..!?" pinta Bejo. 
"Emang elu mo Ke Bandung apa, Donnat-Donnat kalo memang dia itu jodoh elu yakinlah... Pasti Allah SWT akan menyatukan cinta kalian, percayalah dengan kekuasaannya..!". "Maksud elu apa Cumi..?" tanya Bejo merasa terusik. 
"Saaafiitrii, elu mo ke rumah diakan?". 
"Hahaha Cumi-cumi kadang lu lucu juga ya, tapi sootooy lu. Katanya elu tadi nanya gue malu ama siapakan... Laaa ini jawabannya. Sambil mampir numpang shalat maghrib... belok kanan...!" pinta Bejo lagi. 
"Loh ini kan pintu gerbang, Selamat Datang di Bumi Ponpes Bacicir... mau ngapain kita ke sini Donnat?". tanyanya lagi belum juga menangkap apa yang di maksud Bejo, sahabatnya itu.
"Udah nanti juga elu tau apa yang gue maksud..." jawab Bejo lagi sambil tersenyum simpul melihat sahabatnya bertanya-tanya. 
"Oke-oke..lah kalo beggitu.." kata Cumi dengan lugat bahasa Tegal yang kental. Kemudian kembali mereka tertawa Ngakakak...Hwahahahaha.

(BERSAMBUNG)
Bagaimanakah kelanjutan cerita seru kedua Sahabat ini. Apa yang akan dilakukan Bejo-Cumi di Pondok Pesantren itu? Temukan jawabannya, di Caelanjutnyatatan Blogger,Segera !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar