Senin, 14 Mei 2012

SISWA MAN BABAKAN CIWARINGIN WAJIB MENGHAFAL QURAN




Program menghafal Al-Qur’an bagi siswa MAN Babakan Ciwaringin merupakan muatan kurikulum keunggulan lokal. Setiap siswa MAN Babakan Ciwaringin diwajibkan menghafal Al-Qur’an, Siswa tahun pertama (di kelas X) wajib menghafal Juz amma, Siswa di tahun kedua (di kelas XI) wajib menghafal surat Yaasin, dan Siswa di tahun ke tiga (Kelas XII) wajib menghafal Surat Waqiah.
Proses pembinaan hafalan dilakukan secara integrasi dalam mata peajaran Al-Qur’an Hadits, sedangkan penilaian hafalan dilakukan dua kali dalam satu tahun yaitu Munaqosah tahap I pada saat menjelang ulangan semester dan munaqosah tahap 2 pada saat  menjelang ulangan kenaikan/ujian. Hasil penilaian/munaqosah  dilaporkan kepada orang tua dan siswa yang lulus munaqosah tahap 2 setiap jenjang berhak mendapatkan sertifikat lulus munaqosah.
Menurut Kepala MAN Babakan Ciwaringin Drs. H. Kumaedi, M.Pd. program hafalan qur’an sebagai upaya madrasah dalam menguatkan pencapaian tujuan pendidikan dan meningkatkan mutu pendidikan. Insya Allah setelah siswa lulus dari MAN Babakan Ciwaringin, hafalan quran yang dimiliki siswa akan bermanfaat baik untuk dirinya, orang tua dan masyarakat pada umumnya. Menjelang akhir tahun pelajaran 2010/2011 digelar kegiatan eksplorasi dan apresiasi tahhfidz quran siswa/siswi MAN Babakan Ciwaringin. Menurut Drs. KH. Badawi Murai , M.Ag. selaku Koordinator kegiatan/ Ketua Program Keagamaan, bahwa kegiatan bacaan hafalan (SEMAAN dalam bahasa Pesantren) dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 28 dan 29 April 2011 mulai pukul 08.00 WIB s.d 12.30 WIB, kegiatan ini bertujuan menemukan penghafal-penghafal quran di kalangan siswa/siswi sekaligus membudayakan hafalan quran di MAN Babakan Ciwaringin. Dari kegiatan ini ternyata ada siswa/siswi MAN Babakan Ciwaringin yang sudah hafal quran melebihi target pencapaian muatan kurikulum keunggulan lokal. Binti Zulfah (hafal 30 Juz), Arif Musadaf (hafal 19 Juz), Nida Hanifah (13 Juz), Essa Umi Holifatul (hafal 10 Juz), Robiatul Adawiyah (hafal 10 Juz), Mohammad An’im (hafal 7 juz), Aulia Rahman Nazar (hafal 6 Juz), Atun Nurjannah (hafal 5 Juz), M. Aqil Husain (hafal 5 Juz), Dakwatul Walidah (Juz 3 Juz), Naelul Afwa (hafal 3 Juz), Cucu Nurcahyanti (hafal 2 Juz), Wasliyah (hafal 2 Juz), Mubarok (hafal 2 Juz),.
MAN BabakanCiwaringin yang bervisi mewujudkan individu yang bermartabat dalam intelektual, emosional dan spiritual berusaha keras untuk lebih eksis dalam peningkatan mutu pendidikan. Dengan program hafalan quran, pembinaan keagamaan siswa  lebih massiv dan memperkuat kegiatan praktek ibadah/ praktek dakwah siswa. Kegiatan praktek ibadah siswa menuntut siswa berkemampuan dan terbiasa melakukan sholat fardhu berjamaah, sholat dhuha, sholat mutlak, sholat hajat, sholat jama’ dan sholat qoshor, munakahat, proses akta hibah, akte wakaf dan akte yayasan, pengrusan jenazah, penyembelihan hewan halal, khutbah jumat dan teknik pendirian lembaga TPA/TKA. Kegiatan ekstrakurikuler unggulan bidang keagaamaan terdiri dari Seni Kaligrafi, Seni Qiroat Quran dan Majelis Bimbingan Dakwah yang dibimbing oleh Drs. Permana M. Nur setiap tahun melaksanakan Bhakti Sosial ke beberapa daerah dengan kegiatan ceramah agama di musholla-musholla, bimbingan manajemen TPA/TKA, dan bimbingan baca tulis Quran. Semoga ilmunya Bermanfaat....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar