Selasa, 08 Mei 2012

Don't Cry Donnat... Kita Semua Sayang Kamu, Kok...!!

JOGYAKARTA, sebuah kota yang juga syarat dengan berbagai nama julukan yakni, kota wisata budaya, kota gudeg, kota pelajar dan juga ....ma'af kota priyayi. Ehmm, Daerah yang terletak di sekitar pesisir selatan ini telah berubah drastis. Pikir Bejo sesekali berdecak kagum melihat suasana jalanan kota yang kebetulan petang itu tidak begitu macet. Cuaca yang begitu sejuk telah menghantarkan Bejo di sebuah Losmen, "Srikandi" tempat Bejo beristirahat menghilangkan kepengatan setelah hampir seharian dalam perjalanan. Untung aja si Cumi cukup cekatan mengemudikan kendaraannya kalo tidak mungkin malem atau sampai pagi lagi baru nyampe ke kota gudeg Jogja itu. Tidak begitu besar sih Losmen itu. tapi suasana yang asri dan sambutan tuan rumah yang cukup bersahabat membuat Bejo nyaman dan kerasan.


"Donnat, gue mo langsung istirahat nih uwaah cape banget.." kata Cumi terkantuk-kantuk kecapaian sambil ngeloyor ke kamar yang udah di boking pak Boss 'si mata empat' jauh-jauh hari.
"Sono jangan lupa Shalat Dzuhur dulu, buru kehabisan waktu, soalnya bentar lagi masuk waktu ashar.."
"Iyaa, tapi boleh kagak kalo shalatnya untuk hari ini nitip aja sama elu..?" jwabnya lagi terlihat udah gak kuat nahan lelah.
"Apa elu bilang niii-tiiip Emang shalat bentuknya barang apa yang bisa dititipin." Kata Bejo.
"Ya kalo bukan barang nitip absen lah hadirin gue ye!" katanya lagi gak mo habis pikir.
"Emang bisa ya, menurut madzhab mana tuh?" tanya Bejo.
"La elu gak tau apa pura-pura kagak tau kalo mahasiswa kita yang sok idealis itu sering nitip absen ke temennya yang rajin kuliah minta dihadirin gitu. Padahal yang bersangkutan "mojok" di taman dan di kantin kampus (Bahasa jawa ; sinonim dari, berduaan sama pacar) atau ngeluyur ke mall-mall di waktu jam kuliah. .. mendingan gue Bos, titip absen buat tidur kan kagak kemane-mane..elu sih kagak makan bangku kuliahan jadi kagak tau gimana budaya tingkah pola anak kampus jaman sekarang. Yang lebih tragis lagi nih Bos, coba bayangin ada aja yang ngekost sambil kumpul kebo(Bhs jawa ; Maksudnya, tinggal serumah di luar nikah..) dan ada juga yang ngejual harga diri dengan sebutan 'ayam kampus' awalnya sih alasannya classic buat biaya kuliah tapi lama kelaman asyiik kerja gituan malah kebablasan jadi profesi."
"Bener-bener kagak waras lu ya, siang-siang kok Ghibbah. Haloo elu lagi Ngigau apa 'Mbacot'(Bhs jawa kasar;bicara) sih... masa kewajiban ibadah shalat elu sama-samain dengan orang yang mo kuliah, kualat loh elu entar? Perbanyaklah Istighfar elu inget2 istri ama anak-anak elu di rumah sedang ngarepin elu balik dengan selamat...!? Udah sana tidur!!!" Kata Bejo was-was ingetannya kembali menerawang jauh ke kota kembang. Mungkinkah Dee Nano2ku sama seperti yang diceritakan Cumi-cumi tadi. Ahh Bullshiiit, semua itu hanya gosip murahan, Dede Nano-nanoku gak mungkin gitu, dia cewek baik-baik, tapi tiba-tiba.
"Dik, aku mohon jangan tinggalkan aku.." NSP Wali tentang Adiknya, 'DIK' mengalun lepas membuyarkan lamunan Bejo."Haloo assalamu'alaikum..." sambutnya kegirangan. Subhanallah, Engkau benar-benar Maha kuasa lagi Maha mendegar yaa Rabb, selalu menjawab kegundahanku, kata Bejo bergelut dengan perasaannya yang mulai terpuruk..." Kemana aja sih Kak, ditelephonin juga dari tadi gak nyambung-nyambung..?"
"ad-a,a-da di rumah aja kok emang kenapa?". "Katanya tugas keluar kota...?" Cecarnya mulai curiga.
"Hehehe gaaak, ini lagi istirahat kok.." jawabnya mencairkan suasana.
Akhirnya mereka berdua bergulat asyik dengan obrolan yang meski terkadang terdengar gak jelas dari HP jadul, kesayangan Bejo suara kendang ketuk tilu. Dan ketika ditanya kenapa ada suara kendang, Dede Nano-nanonya Bejo bilang sedang ada latihan tari dirumahnya. La iyalah la wong konon Abahnya seniman sunda alias orang penting STSI Bandung. Terkadang juga mereka bersuka cita bernyanyi bersama pokoke siang itu heppan abiz deh. Mulai lagu pop yang mendayu-dayu, daangdut yang bikin jempol ini bergoyang, pop sunda classic ampe modern plus produk Nining maida, Sule sampe koleksi Hayang Kawin plus Kabogoh jauhna akang Darso pun di babat habis. Dan satu lagi yang bikin ngakak Bejo ternyata, Dede Nano-nanonya yang punya tiga rasa, 'manis-asam-asin' itu bisa ngidung sesindenan laras pelog, Subhanallah sungguh multi talent benar ya nih cewek. pikir Bejo teramat bangga trus sampai suatu ketika ia pamitan sebentar tanpa meng-cancel sambungan phon, lalu... "Tadi ngobrol sama siapa... De?tanya Bejo sedikit curiga.
"Ooo tadi ambu minjem jaket Dede..?" . "Oooo gitu.." sahut Bejo berusaha memahami apa yang di maksud DD-nya tentanng 'jaket' tadi.
"Aaaaaaaaaa.." suaranya lrih. "Ada apa De, A'a masih disini kok?" sahut Bejo begitu tenang.
"Tadi ambu bilang, ntar sore kita sekeluarga mo pergi..."."Mo pergi kemana De..?" ."aku mo dijodohin sama Ambu dengan Kak Irwan anak musik STSI kak..." katanya lagi sambil suaranya parau dan mulai terdengar isak tangis yang tertahan. Meski bagai petir di siangn bolong, Bejo gak kaget tetap berusaha tegar setegar laguna Eteh Rossa euy. Dengan setianya Bejo mendengarkan Curhatan Dede Nano-nanonya itu sambil diselingi sedikit patuah alakadarnya seperti santapan Marhabanan Barzanjii di Masjid kampung Bejo yang harganya milyaran rupiah itu. (salam aja buat anak-anak Irmas di Masjid Jamie Al-Malik Kamplong Indramayu, yaa. kumaha daramang sadayana....?).Terkadang pula Bejo selingi dengan tawanya yang renyah dan gokil itu.Bejo jadi inget tempo dulu banget masa-masa indah dulu waktu masih memandu program,"Sunday Nigt of Memories" ajangnya curhat anak-ank muda Dermayu yang mo berbagi cerita ataupun mencari solusi terbaik (Problem solpping, kitu ) untuk hubungan gaulnya, relay langsung via phon di salah satu stasiun radio swasta di daerahnya.
Tiba-tiba kagak tau pangkal penyebabnya Dede Nano-nanonya Ngambek dan tuuut-tuuut-tuuut sambungan phon terputus, hanya terdengar ,"A'aaaaa... heeee" sebelumnya lalu menghilang begitu saja. Maaf nomor yang sedang digunakan dalam keadaan mendengkur, zzzzz hihihi yang ngerasa pasti ketawa nih..
Gantian sekarang tinggal Bejo yang bengong sendirian keheranan sambil berusaha keras memahami dan menerima kesalahannya tadi, tiba-tiba...terdengar lagi suara HP jadulnya sebuah SMS masuk, dan...
"Ade lagi butuh temen buat dengerin Ade, 'serius' bukan buat becanda...sakiit lo A'....!" Akhirnya dengan kebesaran jiwanya Bejo kembali mengalah menghubungi Dede Nano-nanonya itu.
"Ma'afin A'a De, Kalo tadi gak serius, sekarang...A'a mo serius. A'a gak mo Dede nyangka yang gak-gak, kalo hubungan A'a Cu-Ma-Ma alias cuma main-main. sekarang serius nih , Oke De ayeuna Dede
sok nyarios hayangna naon, sok atuh nyarios..."
"Ya, padahal Dede sama temen-temen tau gimana kelakuan Kak Irwan yang slebor itu, kalo Band-nya mo manggung pada mabuk-mabukan dulu, teleer Dede gak suka A'..."Kata Dede Nano-nano lagi isak tangis tambah menjadi dan terdengar parau tertahan. Kalo ngomongin Miras Bejo jadi inget cerita dan emang kejadian yang pernah menimpa temannya se LPBA (Lembaga Pendidikan Bahasa Asing) namanya sebut saja, Selamet Iswandi. Asli putra pesisir pantura Eretan. Begitu bangganya kalo dia di tanya anak mana?.
Konon menurut Dia bersama ke-14 temannya sepulang dari melaut pada rame-rame pesta ngoplos Miras di tepi pantai Eretan. Mungkin Over dosis atau karena di campur ama sesuatu yang gak lazim di konsumsi dalam Miras itu. Ke-14 temannya termasuk dirinya sekarat seketika, untung nasib Selamet lebih baik dari nasib ke-14 temannya itu ketika dibawa ke RumKit Bhayangkara Losarang dia selamat tertolong sedangkan ke-14 temannya berturut-turut menemui ajalnya alias almarhum di Rumah sakit tersebut.
Ya mungkin teman Bejo itu masih diberi kesempatan ama Allah untuk hidup lebih lama lagi atau memang karena do'a-do'a ortunya yang selalu menempel disematkan dinamanya, "Selamet Iswandi".
Gitu ceritanya euy, pasti temen facebooker pernah lihat atau dengar kabar ini di berita media masa ataupu berita di tayangan Televisi Nasional.

"Dia pemake, juga De...?"."Kalo itu Dede gak tau, tapi kalo mabuk-mabukan sering liat... Gimana dong A', Dede gak suka Dia, gak mo dijodohin sama Dia hengnghe..?!" sementara tangisnya menjadi-jadi. "Ehm!" Bejo merenung sejenak lalu ia mulai ngomong lagi." De sebenarnya itu kalo saja Dede bisa merubah kebiasan gak baiknya Dia si 'Irwan' itu, adalah lahan ibadah buat Dede. Lagian kata Dede kemaren-kemaren hari minta dijodohin ama siapa aja ke Ambu?".
"Iyaa tapi jangan ama kak Irwan..."."Yaa kalo ama Irwan mu itu kagak mau lalu maunya ama siapa? sama A'a, mo kawin lari giituu..tanpa restu orang tua gitu, sama aja itu Durhaka ama Orang tua Dede.."Trus kumaha atuh solusina...Abah juga gak setuju dengan perjodohan ini atuh A'?"
"Sebenarnya ibarat sebuah Bola masalah ini ada di Dede sendiri, tinggal mo di apakan Bola itu, di tangkap dengan pelukan eratkah atau ditendang jauh-jauh ke tengah lapangan, maksudnya gini yang mo berumah tanggakan bukan Ambu tapi Dede kan? Justru, apalagi Abah yang punya hak dan kewajiban nikahin putrinya gak setuju... Ya udah, tinggal deketin Irwan mu itu, sambil tanyakan ke hati kecik Dede sukakah ke Dia? Kalo suka ke dia kasih persyaratan yang mudah biar dia cepet nikahin Dede tapi kalo gak suka kasih dia persyaratan yang berat kira-kira dia gak bisa menyanggupinya. Itukan wajar bagi seorang Mojang yang akan di pinang jejeka...".
"... Gitukan mudah, kecuali Janur kuning udah melengkung di depan rumah Ade plus Ijab Kabul di depan penghulu udah dilakoni itu rada sulit De, soalnya suamimu adalah pemimpinmu di rumah tangga. Patuahnya adalah gurumu, titahnya adalah pengabdian ibadahmu de-el-el. seandainya misal, Dede minta cerai 1000 kali ke suamipun kalo sang suami gak mo jatuhin talak, sampai Dede nangis darah sekalipun misalnya, perceraian itu takkan terjadi kalo memang sandang, sanding dan sandungnya masih sanggup memberi...Yee jadi kaya penasehat perkawinan aja nih...." Kata Bejo sambil mencairkan suasana. dan mulai terdengar tawanya renyah di sebrangsana...
"Kalo Indramayu gimana kok aya basa sundana...seperti A'a tiasa pisan basa sundana?" Tanya Dede Nano-nano sedikit sulit maksud dari pertanyaan tadi. Pikir Bejo nanyain sejarah Indramayu kali nih. Sebagai asli putra daerah Indramayu Bejopun mulai bercerita mengapa di Indramayu ada orang sundanya. " Konon menurut sejarah Babad tanah Dermayon, diceritakan; tersebutlah Bupati Sumedang, Adipati Sasmita yang kersohor kawartamanca daerah yang menurut 'Pabeja' hobynya itu married. Dimana ia lihat gadis cantik pokoknya mah di kawin meski terkadang pula menggunakan kekerasan 'memaksa'. Kabar itu sampai juga ketelinga Raden Wiralodra, 'Satria Piningit' sesepuh kebanggaan wong Indramayu keturunan 'keraton' Bagelan Jateng.
Konon, Beliau merasa perihatin melihat tingkah pola pemimpin Sumedang itu. Ngomong-ngomong beliaulah orang yang pertamakali Babad tanah alas(hutan) Dermayon untuk dijadikan padukuhan Darma Ayu yang kemudian terkenal dengan sebutan Indramayu. Pangucap Raden Wiralodra waktu di
angkat menjadi pemimpin Dermayu." Nanging benjang Gusti Allah nyukani kerahmatan kang linuwih... DARMA AYU mulih harja tan ana sawiji-wiji.. Pratelanya yen ana taksaka nyabrang kali Cimanuk...Sumur kajayan deres milih... Dlupak murup tanpa patra...sedaya pan mukti malih.... somahan lawan prajurit .. Rowang kalian Priyagung... Samiya tentrem atinya sedaya harja tumuli ing sakehing negara pada raharja..." (Hayo, siapa yang ngeti dengan maksud dari pangucape Raden Wiralodra tadi khususnya kangge wong Dermayu, silahkan tulis di komentarnya ya! Pokoknya insya Allah ada souvenir menarik deh dari Bu Bipati Indramayu, hehehe.).
Dengan sengaja, R. Wiralodra yang berniatan menyadarkan Adipati Sasmita yang suka banget ama Kawin (Mending kalo menikahi orang yang belum punya suami, bahayanya yang punya suamipun di embat pula). Dengan 'reka pandaya' (taktik politik yang mantabb) R. Wiralodra memerintahkan R.Wira Pramudya yang merupakan saudaranya untuk merubah dirinya menjadi sosok 'wanoja' (perempuan) yang kemudian jadi Bintang penari Ronggeng dengan julukan Nyimas Ayu Denok, (Ronggeng sejenis kesenian jawa tempo dulu) saking kesohornya rombongan pentas kesenian Ronggeng itu, diketahui juga kesohorannya itu oleh Adipati Sumedang dan diundanglah Rombongan Ronggeng itu ke pendopo Kadipaten Sumedang. Dari awal perjumpaan Adipati Sasmita dengan Nyimas Ayu Denok (yang merupakan alih wujud R. Wirapramudya) itu. Betul saja melihat kemolekan dan kecantikan Nyimas Ayu Denok, Adipati Sumedang tersebut 'katarik birahi asmara~kapegot tresna (jatuh cinta) dan terus mengutarakan niat baiknya itu ingin memperistri Nyimas Ayu Denok, Nyimas Ayupun menerima lamaran itu dan memberi syarat, " kula bade nunut ning sampean kang mas Adipati, kelawan satunggile syarat kula nyuwun tanah wilayah Sumedang bagian ler (sekarang meliputi Daerah Cikedung, Terisi, Bangodua, Gantar, Haurgeulis... dan hutan serta pegunungan yang sampai sekarang jadi hutan lindung di sekitar perbatasan 4 wilayah antara Bandung, Sumedang, Majalenga dan Indramayu.). Karena rasa sukanya Adipati Sasmita memberikan tanah itu sebagai maharnya, maka terjadilah pesta besar-besaran antara Adipati Sumedang (Adipati Sasmita) dengan Nyimas Ayu Denok (Pemimpin R. Wirapramudya). Geger (Goro-goro) Babad tanah alas Dermayon di mulai tatkala adipati Sasmita meminta Nyimas Ayu Denok berhubungan intim suami istri, akan tetapi Nyimas Ayu selalu menolaknya dengan berbagai alasan demi menghindari penyamarannya diketahui. Sampai akhirnya kesabaran Adipati Sumedang memuncak birahinya sudah sampai ke ubun-ubun, di paksalah Nyimas Ayu Denok itu untuk berhubungan badan dan cepetnya cerita 'Takdir ora di pungkir, di lala kresna Gusti Ngala' (Takdir tidak bisa diingkari, sudah menjadi ketentuan Ridhanya Allah SWT) penyamaran R. Wirapramudya itu terbongkar juga. Maka klimaks ceritanya terjadilah 'tanding jurit' antara Adipati Sasmita dan R.Wirapramudya, dan dimenangkan R.Wirapramudya.

Kebetulan sekali pada saat itu Rakyat Sumedang sendiri sedang di landa kesusahan (Kelaparan) akibat pemimpinnya yang kurang bijak dan kurang memperhatikan nasib rakyatnya, contohnya upeti malah melambung tinggi (kalo jaman sekarang mah TDL listrik, BBM, PBB dan pajak-pajak lainnya naiiiik semuanya-nya...dan kalo udah naik jarang yang mau turun... kenapa ya, ada apa ya? Kata kang Ebiet G. Ade sih,' coba tanyakan pada Rumput yang bergoyang', hehehe) menambah derita rakyat Sumedang yang lagi kekurangan pangan, sandang dan papan, akibat dari tingkah pola pemimpinnya yang dzalim itu.
Raden Wiralodra melihat ini semua merasa iba dan turut bebela sungkawa dan sedih melihat penderitaan Rakyat Sumedang itu. Yang pada akhirnya konon tanah pemberian dari Adipati Sumedang itu dibagi-bagikan kembali kepada rakyat Sumedang yang teraniaya dan membutuhkan tanah untuk tempat tinggal dan bercocok tanam. Memandang kebaiakan, Kebijaksanaan, kearifan dan kasih sayang sang pemimpin Dermayu pada waktu itu, akhirnya pula sebagian Rakyat Sumedang pangujung lor memohon kepada R.Wiralodra tanah tersebut tetap diakui masuk wilayah padukuhan Dermayu, yang sekarang menjadi Kab. Indramayu. Dan sampai sekarang orang Sunda dan Jawa menyatu dalam berbagi kasih sayang di Indramayu.
"Ooooo gitu ceritana ya A' enakan meureun lamun hobbina kawin, abdi hoyooong?" Tanya Dede Nano-nano sambil sedikit ngelucu. "Huzz, masa hobby kawin henteu bageeur ah...!!" Kata Bejo dan keduanya pun tertawa lebar Haahaahaa.
Udah kalo begini sih terasa dunia milik mereka berdua deh dan kalo ada yang nanya, lalu orang lain ngapain? ya Ngontraklah...!! serempak pasti jawabnya begitu.
(BERSAMBUNG)

Bagaimana kelanjutan kisah keakraban, antara Bejo dengan Dede Nano-nano-nya itu. akankah hubungan mereka seasyik dan seenjoy edisi ini?. Silahkan tunggu kelanjutan ceritanya hanya di Catatan Cinta Sang Blogger, segera !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar