Senin, 07 Mei 2012

Don't Cry, Donaaat... Kita Semua Sayang Kamu Kok...



"Seandainya saja di sini ada seseorang yang baik hati sepertimu mungkin aku takkan merasa sedih saat ini."
Gumam Bejo sambil sesekali mrngusap keluh di dahi dan sorot matanya tak lepas dari monitor komputer didepannya. Sementara getar hatinya menerawang jauh ke angkasa. Padahal, perasaan ini bukan untuk yang pertamakalinya Bejo rasakan. Namun entah mengapa...kekecewaan itu...teramat sering Bejo sandang. "Hai..!!" ada yang menepuk bahunya, sontak Bejo kaget.
"Ngelamun mulu lu kerjanya, tuh di panggil si Bos cepet...!" Kata si Cumi rekan kerja dikantornya. Nama lengkapnya si Wahid Suseno, tapi temen-temennya suka memanggilnya, 'Cumi' mungkin karena kebiasaannya suka minjem barang apa aja yang bisa dipinjemnya, mulai dari yang umum orang pinjam seperti, uang, parfum, baju, celana sepatu, dasi, barang kesayangan temen sampai... ma'af CD n' BH pun kalo saja gak jijik-jijik amat ia akan meminjamnya, makanya ia dijuluki Si Cumi alias Cuma Minjem.
"Tumben gak ada angin gak ada hujan , tuh si mata empat manggil gue emang ada apaan sih.." sahutnya kaget.
"Mana ketehe... tanya aja sendiri!!" kata Cumi lagi sambil menghernyitkan mata dan menganngkat sedikit tangan dan bahunya.
"Huuh, dasar Gurita lu, giliran temen lagi susah aja pura-pura gak tahu,"
"Hiii udah dikasih tahu kok, malah sewot, makanya tuh cuci otak lu biar gak bolong terus kaya Doonnat, minggir gue lagi ada proyek nih." semprotnya nyerocos kaya burung Beo tapi dengan nada memelas gitu.
"Proyek apaan, paling-paling proyek tanggal tua, itu derita lu kalee,"
"Heheh.. tau aja lu apa yg gue mau.." senyumnya mulai merekah merona bak bibir mojang Buah batu. Sambil memelas lalu Cumi berujar,"Anak gue si Panjul lagi ngambek minta dibeliin sepeda baru, pan lu tau sendiri sekarang tanggal berape, bisa gak lu pinjemin gue 1 Jeti aja buat itu si Panjul biar gak amuk-amuk mulu..?"
"Berapa 1 Jeti gak kurang tuh, adaa.. tapi ambil sendiri noh di mini market seberang jalan. Udah gue bilang itu derita elu lah." Kata Bejo cuek sambil ngeloyor keruangan Bos. Sementara si Cumi seperti sapi ompong, melongo..sendirian. sedangkan rekan kerjanya di kantor memandanginya dengan sorot mata tajam dan biasa geleng-geleng kepala. Tapi tiba-tiba melihat sesuatu di depan matanya. "HaaHaa duuh cantiknya, siapa nian gadis nih...'Sha-fiiit-rii' wah gue punya ide, siiplah." tawanya kegirangan.
############
"Siang Boss, apakah bapak memanggil saya..?"
"Ohya Jo, silahkan duduk...!" "Begini Jo, sehubungan Lisa dari bagian Reportase lagi cuti hamil dan lusa hasil liputan daerah laporannya harus udah masuk ke redaksi, limit deadline lusa sore jam 17.00 wib, jadi besok kamu gantiin Lisa ngeliput plus interview pak Moh. Nas di daerah Jogjakarta."
"Maksud pak Boss Pak. Moh. Nas Mendiknas itu..." "Yaiyalah emang ada pak Moh. Nas selain Pak Moh.Nas itu..."
"Adda pak Boss, itu tetangga saya di kampung namanya Pak Moh. Nas juga, tapi bukan Men-Dik-Nas itu, dia mah Men-Nan-Tunya pak safrul...hehehe."
"Iya sama dengan otakmu yang semfrul itu,"
"Tapi biar otak saya semfrul, artikelnya 'mbrubul' (bhs jawa; keluar terus)n' gak pernah janji ketemuan ama yang namanya deadline?"
"Udah-udah sekarang siap-siap untuk besok..!"
"Jadi sekarang saya boleh pulang nih pak Bos...?"
"Tumben kamu Jo mo pulang minta ijin dulu, biasanya selonong boy gitu aja?"
"Hehehe kalo inikan beda pulangnya harus pake 'sangu' (bhs. jawa ; ongkos/bekal)buat besok alias biaya operasional liputannya manna?"
"Kalo masalah duit aja gak pernah lupa, nih memonya...uangnya ambil sendiri di bagian keuangan."
"Oke pak Bos tararenkyu, semfrul siap menjalankan tugas..!!" ucap Bejo sambil menirukan Akang Eka (Timbul.......)kalo lagi tugas pake baju loreng. sementara pak Bossnya cuma bisa mengelus dada melihat tingkah pola anak buahnya yang kebanyakan eror. seperti biasanya pula pak Boss yang dijuluki si mata empat itu (abis kacamata minus-nya gak pernah lepas sih..)geleng-geleng kepala sambil nyengir kuda, "Nyengiiir Cemerlang, Nyengiiir JARANDENT, ting-tong,ting-tong...hiiiikkkkk." No Iklan, No Coment. No Many, No-dong'ah!!.
##################
Teet-tet, NSPnya Wali-Mencari Jodoh mendadak bunyi, "Kak bisa telpon balik?" begitu message bicara. Bejo segera hubungi nomor itu. Dengan sedikit basa-basi mereka bercerita tentang indahnya kota kembang Bandung. Dari mulai sumpeknya suasana trotroal, macetnya jalanan kota yang rusak berlubang sampai seringnya kota parahyangan itu di landa banjir. pokoke lengkap-kap Bandung di Goyang, Ancolpun turut pula bergoyang hehehe. Ada sebersit tanya dalam hati Bejo, ada apa gerangan dengan 'De2 Nano2 ku. Bejo pertama kali mengenalnya dari sebuah ajang gaul di jejaring sosial Facebook yang kemudian berlanjut via call sampai detik ini Bejo masih berhubungan dengan mojang Bandung itu. Kenapa dia nggak Kuliah padahal ini hari bukan hari libur? tanya Bejo keheranan tapi di seberang sana menjawabnya enteng,"Gi libur kak, kakak sendiri gak kerja kenapa, tadi malam tidur jam berapa??" malah balik nanya. Bejo pun sebenarnya tak kuasa bila mendengar suaranya yang lembut itu, katanya sih ia kuliah nyambi kerja jadi broadcaster lady di salah satu stasiun radio swasta di kota mode itu. Kebetulan Bejo juga hobbynya kaya gitu, yang namanya cuap-cuap di depan micropon radio relay di daerahnya Pantura sana,Bejo pernah melakoninya. Jadi Bejo merasa klop aja sama gadis pujaannya itu. Dengan jokinya yang khas Bejopun menjawab dengan enteng pula, " Yaa namanya juga kuli De, kadang ada-kadang gak ada.. kalo aku tidurnya gak pasti so di kredit kaya panci, 1 jam tidur 4 jam bangun tapi terkadang kebanyakan kebablasan juga tidurnya...full satu hari, hehehe."
#################
Malamnya Bejo gak bisa tidur, angan dan pikirannya melayang terbang ke Nirwana... kembali teringat suara mojang Bandung yang khas itu. tak kuasa tangannya menggapai HP butut kesayangannya, jadul abiz deh. Mungkin kalo tuh HP rusak udah gak ada lagi sparepartnya alias harus di Lem Biru (di lempar ganti yang baru)hehehe. Bukannya Bejo pelit dan gak mo modal dikit tapi alasannya Dia bilang, Belajar setia itu di mulai dari hal-hal yang kecil-kecil dulu baru yang gede, kilahnya kalo ada yang mempermasalahkan HPnya yang butut dan terkadang suaranya kaya kentut, 'ngressek' gak jelas... makanya kalo digunain tuk nelpon harus berulang-ulang trus, habis tulalit sih kaya yang punyanya gitu. Eit siapa bilang gw tulalit, belanya kalo ada yang nyama-nyamain HP sama pemiliknya.
"Halllooo Assalamu'alaium...." terdenganr suaranya bergetar diseberang sana. Hancur Mina... Kaku beliing, lemmees plastik, alot wesi.hehe (Bhs Jawa : yang Tegang Kaca,yang fleksible Plastik, yang keras besi). Kalo pembaca gak percaya coba aja rasaian pasti benar-benar terasa kueeras pisan tuh besi. hehehe
"Dede udah tidur, masih sore kok udah tidur. Padahal kata ortu bilang gak boleh tidur sore-sore mo tau alasannya kenapa, katanya sih jauh rizkinya,hehehe." "eHemmm..." hanya itu jawabnya." "Dede sakit?" "Mheeemmm.." hanya itu lagi jawabnya." "Sakit apa De tanya Bejo lagi dengan rasa khawatir yang memuncak. "Cakiit meriiiiang.." "Ooow, tadi siang kedengarnnya heppan, sehat n' ceria kok sekarang kondisinya bisa down gitu sih De, tadi sore loba Ngabuburit nya? udah sekarang minum obat..?" "uddddaaah..." jawabnya singkat n' manja.
"Ya udah sekarang Dede bo-bo, istirahat ya..? udah shalat Isyakan?" "Sekarang uddah pake selimut dingiin bangettt..."
"Selamat Istirahat De, Jae Yo dong saeng Ke Anyonghi Zumuseyo(Bhs. Korea ; untuk adikku, selamat tidur (informal))Mimpiin A'a ya ya, anggap aja selimut itu pengganti A'a yang lagi ngelindungi Dede...?!"
Kata Bejo perhatian banget sambil sedikit berbahasa Negri Ginseng. "Makasiih A' ehemmm..." jawabnya sebrang sana terdengar manja. Bikin hati Bejo tambah kebat-kebit dibuatnya. "Yaa Allah kalo benar Dede Nano2ku tercipta untukku, jaga dan lindungi ia dari mara bahaya demi ridha dan kasih sayangMu padaku serta dekatkan ia kepadaku sedekat-dekatnya. Tapi bila ia bukan jodohku rawat dan jaga ia dan jauhkan dariku sejauh-jauhnya. Serta hapuslah namanya dihatiku, hapus dari benak, pikiran dan kenannganku. Biarlah segalanya dijadikan catatan terindah dalam hidupku. Yaa Rabb, kabulkanlah do'a dan pintaku, amiin...." Mau di bawa kemana hubungan kitaaa (Armada Song).
#############
"Pagi Doonnaat, way udah bangun belum...!?" ada suara Cumi-Cumi di seberang pintu rumah kontrakkan Bejo. "Tumben lu pagi-pagi bener udah nunjukin batang hidung di Kontrakkan gue..ada apa Cumi?"
"Tenang sohib, gue kesini karena dapat tugas dari pak Boss kemaren, yaitu nemenin lu tugas liputan luar daerah ke Jogjakarta.." "Jadi... lu-lu yang dii tugasin nemenin gw ke Jogja... matti gua, lu gak Bokis kan, Cumi?" "Iyalah buat apa gw bohong..."
"Ntar kalo di daerah gue jangan minta yang macem-macem ya, gak pake tuh yang namanya mampir ke tempat gitu-gituan. Lu belum aja kena penyakit sipilis atau Aids sekalian. baru nyaho lu. Lagian udan punya bini di rumah juga apa belum cukup heh?"
"Gue janji kalo nyampe di tempat itu apa namanya... Legok Pantura ya, gue gak mampir lagi. lu kan tau Bini gue si Susi lagi hamil gue takut kenapa-napa..."
"Maksud elu takut kena karma gitu?" "Iyalah gini-gini juga guekan sayang keluarga..."
"alhamdulillah, akhirnya elu nyadar juga Cumi..." "Sialan emang elu anggep selama ini gue gila apa?"
"Lebih dari itu nyeleneh...". "Mendingan gue nyeleneh tapi udah laku punya anak bini la elu hidup lempeng gak laku-laku, payah dasar otak Donat lu.." Bejo terdiam sejenak ibarat orang main Catur Bejo udah di skak mat. "Tapi gue masih punya orang-orang yang sayang ama gue.." ."Iya tapi tetep aja lu ngejomblo abiz. Ono bikin organisasi, "Ijo Lumut" aje?". "Apaan tuh..?". "Sejenis organisasi Ikatan Jomblo Imut-imut kaya marmut kalo di gigit pak snut-snut...". "Sialan lu, bisa aja..."."Prikitiuww hehehe..". "Kalo udah selesai urusan mampir ke Kamplong ya...?"."Emang mo ngapain mampir ke kampung gue, Cumi?". "Gue kan Gi kangen ama masakan sayur asem buatan Umi lu di udik."
"Ngomong aja mo ngirit biar bea konsumsi liputannya utuh bisa buat beli yang lainnya kan?".
"Betul-betul,betul-betul. tul-tul itu tepatnya buat beli oleh-olehlah gue kan malu tiap pulang dari luar kota gak pernah bawa buah tangan..". "Maksud elu malu ama anak-Bini ?". "Sama mertua gue denggol....".
Jadi sampai sekarang elu masih tinggal di rumah mertua gitu..?" . "He-eh..". "Naas nian nasibmu sobat...masih tnggal di rumah Mertua idaman.."."Ya gitu deh...". "Eh iya udah siang jadi berangkat gak nih?"."Hayuu siapa takut, tapi pinjem parfumnya dulu ya?!". "Cumi-cumi elu tetep aja sifat awalnya gak pernah berubah Cuma Minjem..ambil tuh di laci meja..?".
"Cumiii cepet udah siang nih, kita berangkat sekarang!! bentak Bejo sedikit kesel. "Oke Bos Donat, kita Chao sekarang...selamat tinggal kota hujan Bogor nantikan kembali aku dipangkuanmu..!"
"Gaya elu itu Cumiii, pelan-pelan napa nyupirnya..?". "Sorry Bos terbawa semangat esmosi nih...hihihi..". "Huuh dasar Cumi lu...!" gerutu Bejo, Bogor City Good bye, Jogja I'm Commiiing....
( BERSAMBUNG ).
Bagaimanakah Cerita petualangan seru dua sahabat Bejo-Cumi selanjutnya....Dapatkan jawabannya hanya di Catatan Cinta Sang Blogger. Sampai jumpa bye-bye.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar